Data Recovery

Tutorial Data Recovery

Pada dasarnya sebuah harddisk yang bagus (speed write / read sesuai specifikasi hdd) kemudian terhapus datanya. Maka sangatlah mudah untuk mengembalikan data yang terhapus. Begitu terhapus maka ada kemungkinan : 

1. langsung cari di Recycle Bin. Apabila tidak ada maka carilah di Software Recovery. Jika sudah dicari lewat software recovery dan masih belum ketemu / Terkorupsi file nya? Solusinya pakai spesial recovery tool.

2. Langsung di pakai lagi untuk men-copy file lain ke tempat harddisk yang datanya terhapus. Kasus ini ada resiko file yang ter recover menjadi corrupt. Walaupun juga ada kemungkinan file nya bagus. ( Ada kemungkinan Corrupt dan Ada kemungkinan Bagus. ----> Jika ingin di bahas akan panjang ).

3. Bagaimana jika file terhapus kemudian harddisknya bermasalah seperti lambat atau tidak terdeteksi ? (Hal ini tidak mungkin bisa diselesaikan oleh software recovery). Solusinya pakai special recovery tool.

Suatu harddisk ada usia pakai. Normalnya MTBF (Mean Time Between Failure) Waktu umur penggunaan sebuah Harddisk adalah sekitar 300,000 to 1,200,000 jam. Dengan perincian sekitar : 

  • 8,760 power-on-hours per year.
  • 250 average motor start/stop cycles per year.
  • Operations at nominal voltages.
  • Systems will provide adequate cooling to ensure the case temperatures do not exceed 40°C. Temperatures outside the specifications in Section 2.9 will increase the product AFR and decrease MTBF.

Sehingga failure / error yang timbul dari harddisk bisa terjadi karena

1. masa pakai (sudah saatnya terjadi error) 

2. Virus / Malware / Ransomware (Software)

3. Human error / faktor manusia nya misalkan :

a. hdd jatuh 

b. kena air 

c. goncangan saat penggunaan 

d. saat penggunaan dan tiba2 listrik padam

e. saat penggunaan dan tiba2 kabel power / kabel data harddisk tercabut

f. lagi di windows tiba2 komputer hang / stuck sehingga di matiin paksa / restart windows tanpa shutdown dulu.

Banyak sekali orang bertanya bagaimana cara menyelamatkan data harddisk. Pertanyaan ini sangat umum di tempat kita, bukannya kita tidak ingin spesifik to the point menjawab. tetapi memerlukan sedikit waktu untuk menjawab pertanyaan how to recover data / bagaimana cara menyelamatkan data. Kita mesti melihat dan mengetahui :

1. Apakah HDD Detect di BIOS dengan kecepatan normal detect di BIOS ? Jika Ya maka lanjut ke Nomor 2. dan Jika Tidak maka apakah :

A. Mati Total tidak ada getaran ? Jika Ya maka coba ukur tegangan 5V dan 12V di PCB dan cek IC motor (kalau rusak maka ganti) -----> lanjut ke 3. 

B. Motor bergerak normal / ada getaran motor stabil ? Jika Stabil maka perbaiki SA (Perlu Spesial Tool untuk mengerjakan SA) kemudian lanjut ke 3.

C. Motor bergerak tidak normal maka periksa :

a. IC Motor di PCB (jika rusak maka ganti ic motor) ----> lanjut ke No. 3

b. Motor di dalam HDA (perlu ruangan clean room untuk buka HDA) Jika rusak maka ganti ----> lanjut ke No. 3

c. Head rusak / lemah maka ganti head (perlu ruangan clean room dan special tool) -----> lanjut ke No. 3

d. Piringan / Platter baret juga bisa membuat motor bergerak tidak normal (buka HDA dan periksa platter) Jika Platter Scratch maka riwayat TAMAT sampai di sini.

2. Apakah detect info HDD seperti Model, SN dan Kapasitas dengan tepat ? Jika Ya maka lanjut ke No. 3 dan Jika tidak (seperti 0GB, Model atau SN salah) maka

A. Head rusak maka ganti head (perlu spesial tool) ---> lanjut ke 3.

B. SA masalah maka perbaiki SA (perlu spesial tool) -----> lanjut ke 3.

3. Apakah ada Encrypt dan HDD Password ? Jika Tidak maka ke No. 4 dan jika ada Decrypt dan Password maka perlu Decrypt dan buka password (perlu special tool)

4. Cek apakah bisa akses sector ? (perlu special tool) Jika bisa akses full sector maka lanjut ke No. 5 dan Jika tidak bisa akses sector / setengah setengah maka

A. Perbaiki SA (perlu special tool) ---> lanjut ke 5.

B. Perbaiki Translator (perlu special tool) ----> lanjut ke 5.

C. Head lemah maka ganti head (buka di clean room dan special tool) ------ lanjut ke 5.

5. Siapkan Sebuah HDD Baru 3.5" SATA yang telah di low level format

6. Lakukan Duplikat HDD pasient ke HDD No. 5

7. Buka Hasil Duplikat dan pindahkan ke HDD Tempat Tampung untuk di cross cek apakah datanya benar sesuai ?

8. HDD Tempat Tampung dibawa pulang oleh Customer.

9. Data Recovery Sukses

Pemeriksaan di atas sangat penting di lakukan agar tidak sembarangan cabut colok kabel power listrik ke sebuah HDD. Kenapa ? Karena tiap kali kita mencolok kabel power listrik ke HDD maka lebih kurang perputaran piringan sekitar 5400 putaran per menit sampai 7200 putaran permenit. Jika hdd tidak normal terjadi kemudian apa akibatnya ? Sangat beresiko, Bagaimana jika

A. head nyangkut di dalam piringan ? maka akan terjadi goresan

B. head bengkok di dalam ? maka akan terjadi goresan

C. head patah di dalam ? maka akan terjadi goresan.

D. Jika ada komponen di PCB yang bikin korslet maka tidak jelas korsletnya kemana2.

Seperti seorang dokter yang memeriksa seorang pasien. Tidak akan sembarangan memberikan obat sebelum ngecek sana sini dan tanya terlebih dahulu. Begitu juga dengan Kami di sini, Tidak asal bicara harga nya segini dan segitu atau Perlu gini dan gitu sebelum Kami tanya-tanya dan lakukan pemeriksaan.

Jadi untuk mengerjakan semua hal di atas : 

1. Ada peralatan (walaupun punya keahlian tetapi tanpa peralatan maka hanya bisa teori saja)

Seperti seorang koki tanpa bumbu masak dan tanpa kompor dll bagaimana caranya bisa memasak ?

2. Skill / Keahlian. Kami memiliki sertifikat. Terlatih dan Pengalaman di atas 10 tahun di bidang Data Recovery.

3. Data Pendukung, kami memiliki koneksi dengan pihak ke tiga yang memiliki kemampuan up-todate dengan informasi technology terkini. Baik dengan si pembuat peralatan Data Recovery dan teknisi-teknisi di bidang Data Recovery.

4. Kami memiliki Data lengkap berisi tiap unik nya sebuah merek dan model HDD. (Walaupun perlu ikutin terus setiap saat)

5. Kemauan,  Kami mengerjakan dengan sungguh-sungguh setiap pasien yang kemari. Ada pasien yang datang akan kami usahakan semaksimal mungkin agar sukses.

Kemudian bagaimana jika data hilang dan harddisk bagus ? Semua di atas tidak berlaku. Mengapa ? ya namanya juga harddisk bagus dan buat apa semua cara di atas.

Maksudnya begini, apabila harddisk bagus normal tidak ada masalah tetapi file nya ada yang terhapus dan cari di recycle bin tidak ketemu atau sebuah partisi bagus-bagus tetapi di install ulang OS (Berlaku untuk OS apa saja : LINUX / MAC / Windows). atau lebih parahnya lagi sudah terpartisi kemudian terformat dan lanjut cari sendiri filenya menggunakan software recovery tanpa pengetahuan. Ini benar-benar parah karena tanpa pengetahuan recovery yang jelas maka akan menyebabkan data terkorupsi.

Jadi begini pertanyaannya (berlaku untuk harddisk internal/external), untuk kejadian data hilang kemudian begitu kejadian data hilang langsung power hdd tidak di colok lagi, apakah :

1. Data terhapus dan cari di recycle bin tidak ketemu : Jawabannya : 100% bisa diselamatkan tanpa corrupt. 

2. HDD terformat : Jawabannya : 100persen masih bisa diselamatkan tanpa corrupt.

3. HDD terpartisi dan terformat : Jawabannya : 100persen masih bisa diselamatkan tanpa corrupt.

4. HDD terpartisi dan terformat dan ter Install OS : Jawabannya : ada kemungkinan daya yang ter-recovery terkorupsi sebesar kapasitas OS yang ter install. (Jika di tambah install sesuatu maka data yang ter korupsi sebesar isi kapasitas hdd saat ini). Contohnya : hdd usage sebesar 10GB maka ada kemungkinan file tidak terambil sebesar 10GB / terambil tetapi terkorupsi sebesar 10GB.

Ingat, jangan salah paham, banyak orang salah mengerti. kasus data terhapus hanya bisa diselamatkan 100persen apabila begitu terhapus/terformat/terpartisi dan jangan colok kabel power hdd lagi. Walaupun setelah di colok kabel power masih ada kemungkinan dapat 100persen tetapi itu sangat beresiko data hilang/terkorupsi. Kenapa ? Karena setiap kali kita menyalakan harddisk di OS maka harddisk tersebut secara otomatis sudah membuat file-file cache temporary tanpa sepengetahuan kita walaupun tidak banyak tetapi bagaimana dengan jika data penting hanya terdapat 1file ukuran 1Kb ? Kita di sini pernah kedapatan 1 kasus baru-baru ini semua data terambil tetapi itu tidak penting buat customer kita. Justru dia ingin sebuah file bernama AKUN.TXT dengan ukuran hanya 1Kb berisi text-text email akun dan password di dalam. File-file di dekat dia bisa kita dapat bagus dan terbuka bagus tetapi sangat di sayangkan file yang paling penting ini dibutuhkan justru ter-korupsi terbuka dan keluar bahasa ASCII. (kejadian nya dia sudah Install OS sendiri dan mencoba recovery pakai EASUS/Wondershare/iCare). Seperti yang kita ketahui sebelumnya bahwa setiap kasus yang masuk selalu kita tanya jelas. dan untuk kasus ini juga sudah kita kasih tahu saat kita menerima barang bahwa hasilnya ada kemungkinan tidak bisa terambil atau terambil dan akan terkorupsi. Mengapa ? Jawabannya ada di atas.

Selain itu yang biasa di tanyakan orang kepada Kami adalah soal biaya. Berapa biaya ? Sebenarnya biaya kami sudah sangat terjangkau di banding tempat lain yang memiliki peralatan seperti Kami. Perkiraan untuk hdd di bawah 500gb memerlukan lebih kurang 1harian kerja. dan 1TB sekitar 1harian sampai 2harian kerja. dan 2TB sekitar 1 sampai 3harian kerja. Pengecekan seperti uraian di atas. Bukan hanya cabut colok kabel ke komputer. Jadi harap mengerti bahwa perlu waktu pemeriksaan agar tidak salah beri obat / menanganin masalah menyelamatkan data.

1 hal yang penting, jangan jadi korban youtube. Di sana banyak sekali panduan cara-cara menyelamatkan data / file hilang agar bisa kembali seperti semula. Pintar-pintarlah meng-analisa atau jika ingin mengikuti cara-cara di youtube. Jika sangat mudah untuk recovery data maka sudah pasti Jasa Data Recovery kita di sini tidak dipakai lagi. Dan Jika ada yang benar-benar mengerti maka sudah pasti tidak mungkin mem-video in caranya di youtube. Seperti seorang dokter spesialist di rumah sakit. Tidak mungkin memberikan obatnya dengan mudah sebarin di youtube. File Recovery emang benar berguna seperti EASUS, Stellar phoenix, Recuva, Get Back Data, dan lain lain (Hanya berlaku untuk kasus tertentu dan tepat guna). Jika setiap kasus bisa ditanganin oleh software-software file recovery maka sudah pasti alat recovery kita yang kita beli dengan harga tinggi tidak berguna. Buat apa kita menggunakan alat recovery dan kursus training specialist data recovery harddisk sampai ada sertifikat apabila ada software file recovery bisa menyelamatkan data ? Jawabannya alat recovery bisa mendeteksi dan melewatin bad sector kemudian men duplikasi sebuah harddrive yang rusak yang tidak bisa di tanganin oleh file recovery. 

Lihat juga : http://www.recoverydataharddisk.com/image-upload/caramemilihhdd.html

Oleh : Jaya Komputer

JINARTO

WA : 0896 5151 4322